Pengantar Organisasi Arsitektur
ALU
(Arithemtic And Logic Unit)
Arithmetic Logic Unit
(ALU) adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang
berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika.
Tujuan ALU adalahmelakukan keputusan
dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.
Operator logika yang dipakai pada
ALU adalah sebagai berikut :
a. sama dengan (=)
b. tidak sama dengan (<>)
c. kurang dari (<)
d. kurang atau sama dengan dari
(<=)
e. lebih besar dari (>)
f. lebih besar atau sama dengan dari
(>=)
Skema
ALU Inputs and Outputs
› Control
Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer
secara keseluruhan.
› Arithmetic
And Logic Unit (ALU), berfungsi untuk membentuk fungsi – fungsi pengolahan
data komputer.
› Register,
berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU.
› Flags
berfungsi sebagai unit control untuk menentukan status prosesor dan hasil
operasi ALU sebelumnya.
Pengertian Konversi Bilangan
Konversi bilangan adalah suatu proses dimana satu system bilangan dengan
basis tertentu akan dijadikan bilangan dengan basis yang lain.
Sistem Bilangan terdiri dari 4
antara lain :
1. Desimal (Basis 10) adalah Sistem Bilangan yang paling umum digunakan
dalam kehidupan sehari-hari. Sistem bilangan desimal menggunakan basis 10 dan
menggunakan 10 macam simbol bilangan yaitu : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9.
2. Biner (Basis 2) adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 2 simbol
yaitu 0 dan 1.
3. Oktal (Basis 8) adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 8 Simbol yaitu
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.
4. Hexadesimal (Basis 16), Hexa berarti 6 dan Desimal berarti 10 adalah
Sistem Bilangan yang terdiri dari 16 simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,
A(10), B(11), C(12), D(13), E(14), F(15). Pada Sistem Bilangan Hexadesimal memadukan
2 unsur yaitu angka dan huruf. Huruf A mewakili angka 10, B mewakili
angka 11 dan seterusnya sampai Huruf F mewakili
angka 15.
Konversi
Bilangan
Konversi Bilangan dibagi menjadi 3
yaitu sebagaia berikut.
- Konversi dari bilangan Desimal ke biner.
- Konversi bilangan Desimal ke Oktal.
- Konversi bilangan Desimal ke Hexadesimal.
- Konversi dari bilangan Desimal ke biner
Yaitu dengan cara membagi bilangan desimal
dengan dua kemudian diambil sisa pembagiannya.
Contoh :
Contoh :
- 25410=………….2
254 : 2 = 127 sisa 0
127 : 2 = 63 sisa 1
63 : 2 = 31 sisa 1
31 : 2 = 15 sisa 1
15 : 2 = 7 sisa 1
7 : 2 = 3 sisa 1
3 : 2 = 1 sisa 1
1 : 2 = 0 sisa 1
127 : 2 = 63 sisa 1
63 : 2 = 31 sisa 1
31 : 2 = 15 sisa 1
15 : 2 = 7 sisa 1
7 : 2 = 3 sisa 1
3 : 2 = 1 sisa 1
1 : 2 = 0 sisa 1
0 : 2 =
0 sisi 0
Jadi 25410 = 111111102
diurutkan dari sisa pembagian terakhir sebagai MSB (Most Significant Bit)
Konversi dari bilangan Biner ke
Desimal
contoh :
contoh :
111111102=……….10
= ( 1 x 20 ) + ( 1
x 21 ) + ( 1 x 22 ) + ( 1 x 23 ) + ( 1 x 24
) + ( 1 x 25 ) +
( 1 x 26 ) + ( 0 x 27
)
= ( 0 ) + ( 2 ) + ( 4 ) + ( 8
) + ( 16 ) + ( 32 ) + ( 64 ) +( 128 )
= 25410
Sehingga 111111102= 25410
- Konversi bilangan Desimal ke Oktal
Yaitu dengan cara membagi bilangan
desimal dengan 8 kemudian diambil sisa pembagiannya.
Contoh :
4097 10 = ….8
4097 : 8 = 512 sisa 1
512 : 8 = 64 sisa 0
Contoh :
4097 10 = ….8
4097 : 8 = 512 sisa 1
512 : 8 = 64 sisa 0
64 : 8 = 8 sisa 0
8 : 8 = 0
sisa 0
Sehingga 409710 = 00018.
Sehingga 409710 = 00018.
Konversi bilangan Oktal ke Desimal
0018 = …. 10
Caranya:
0018= 0 x 80 + 0 x 81 + 1 x 82
= ( 0 ) + ( 0 ) + ( 64 )
= 6410
Jadi, 00018= 6410
0018 = …. 10
Caranya:
0018= 0 x 80 + 0 x 81 + 1 x 82
= ( 0 ) + ( 0 ) + ( 64 )
= 6410
Jadi, 00018= 6410
- Konversi bilangan Desimal ke Hexadesimal
Yaitu dengan cara membagi bilangan
desimal dengan 16 kemudian diambil sisa pembagiannya.
Contoh :
388810 = …. 16
Caranya:
3888 : 16 = 243 sisa 0
243 : 16 = 15 sisa 3
Contoh :
388810 = …. 16
Caranya:
3888 : 16 = 243 sisa 0
243 : 16 = 15 sisa 3
15 : 16 = 0 sisa
15
ingat 15 diganti dengan F.
0 :
16 = 0
Sehingga 388810 = F3016
Sehingga 388810 = F3016
Konversi bilangan Hexadesimal ke
Desimal
B6A16 = …. 10
Caranya:
B6A = (11 x 160) + (6 x 161) + (10 x 162)
= ( 176 ) + ( 96 ) + ( 2560 )
= 283210
Sehingga B6A16 = 283210
B6A16 = …. 10
Caranya:
B6A = (11 x 160) + (6 x 161) + (10 x 162)
= ( 176 ) + ( 96 ) + ( 2560 )
= 283210
Sehingga B6A16 = 283210
Cara
proses ALU pada CPU
Proses merupakan instruksi atau
perintah yang dikerjakan oleh computer untuk menjalankan operasi data secara
aritmatika dan logika yang dilakukan pada data. Selama proses data, data diubah
bentuk, urutan, dan strukturnya sehingga mendapatkan hasilnya. Setelah itu
hasil tersebut disimpan didalam data.
CPU terdiri dari 3 bagian utama
yaitu :
- ALU ( aritmatica logical unit)
- CU ( control unit )
- REGISTER
- A. ALU ( aritmatica
logical unit )
Tugas utama dari ALU ialah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai denagan instruksi tambahan, pengurangan, perkalian dan sebagainya. - B. CU (Control Unit)
Control Unit ( Unit kontrol ) menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh
komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi
(dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan
kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol
pembacaan instruksi program komputer.
- C. Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai akses kecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data dn instruksi yang sedang diperoses, sementara data dan instruksi lainnya masih disimpan di dalam memori utama untuk menunggu giliran diproses.
Processor
Processor adalah sebuah IC yang
mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai
pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan
menjalankan tugas
ROM
Read Only Memory (ROM) merupakan kumpulan chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang dibutuhkan saat komputer dinyalakan. ROM tidak dapat ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM dibuat dengan sistem instruksi dan program yang sudah disimpan dan diisikan oleh pabrik pembuatnya. Untuk mengganti isinya adalah dengan menggantinya dengan ROM yang baru.
Read Only Memory (ROM) merupakan kumpulan chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang dibutuhkan saat komputer dinyalakan. ROM tidak dapat ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM dibuat dengan sistem instruksi dan program yang sudah disimpan dan diisikan oleh pabrik pembuatnya. Untuk mengganti isinya adalah dengan menggantinya dengan ROM yang baru.
RAM
RAM atau Random Acces Memory,
Penggunaan RAM adalah untuk menampung data yang diproses, instruksi program
untuk memproses data, data yang telah diproses dan sedang menunggu untuk
dikirim sebagai output, serta juga menampung instruksi sistem operasi
pengontrol fungsi dasar dari komputer.
MEMORY
Memori adalah perangkat yang
berfungsi mengolah data dan instruksi. Semaki besar memoriyang disediakan, maka
semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolah.Memory berfungsi
untuk menyimpan data
Input Device (Alat Masukan )
Yaitu alat yang digunakan untuk
menerima masukkan data dan program yang akan diproses di dalam
computer.Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan
Contoh input adalah sebagai berikut.
- a. Keyboard
digunakan untuk memberikan masukan
(input) ke dalam komputer, dimana masukan (input) tersebut dapat berupa data
atau perintah yang dimasukkan dengan cara mengetikkannya langsung pada
keyboard.
- b. Scanner
Scanner adalah alat masukan yang
dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang kemudian hasilnya langsung
ditampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya gambar atau teks tersebut
dapat ditambah, dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat disimpan ke
dalam hardisk dan media penyimpanan lainnya, dalam format file teks, dokumen,
dan gambar. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti mesin
fotocopy.
Output Device (Alat Keluaran)
Output device bisa diartikan sebagai
peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan
data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia
ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
a. Monitor
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Fungsinya untuk menampilkan (output) data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Fungsinya untuk menampilkan (output) data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
b. Printer
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
Komentar
Posting Komentar