Tugas Sofskill (Periode II)

PENGANTAR TELEMATIKA

1.      Sebutkan dan analisis 5 contoh social media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak yang dapat social media tersebut!
Facebook
Facebook (disingkat FB) merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg yang berusia 21 tahun, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School.
Facebook merupakan salah satu layanan jaringan sosial internet yang gratis dimana kita dapat membentuk jaringan dengan mengundang teman kita. Dan dari jaringan yang kita bentuk, kita dapat memperhatikan aktifitas mereka, mengikuti permainan/ join game yang direkomendasikan, menambahkan teman atau jaringan kita berdasarkan organisasi sekolah, daerah domisili kita, dan seterusnya. Bisa dibilang fasilitas untuk berteman dan membina kehidupan sosial. Fitur yang ada pada facebook adalah :
  • Update Status/ Status terkini : untuk menuliskan segala macam uneg-uneg yang ada dalam perasaan Anda; mengungkapkan keinginan Anda.
  • Message/ Pesan : untuk mengirim pesan ke pengguna Facebook lainnya.
  • Chat/ Obrolan : untuk saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara langsung dan real time.
  • Photos/ Foto : Anda dapat meng-upload foto-foto Anda; ruang untuk memasang foto
  • Videos/ Video : Anda dapat meng-upload video Anda.
  • Friends/ Teman : Anda dapat menambah teman Anda.
  • Wall/Dinding : Ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka.
  • Poke/ Colek : Sarana untuk saling 'mencolek' secara virtual



Twitter
Twitter merupakan sistus jejaring sosial yang hanya mengizinkan para penggunanya mengirimkan dan membaca teks sebanyak 140 karakter. Twitter ini sering disebut dengan Tweets atau kicauan. Twitter yang didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass pada tahun 2006 ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2013 dengan pendapatan US$664 Juta pada tahun 2013. Fitur yang ada pada twitter diantaranya :
  • Reply Tweet : untuk membalas tweet dari user lain.
  • Hashtag : untuk mengkategorikan tweet yang kamu buat.
  • Retweet : untuk meneruskan tweet dari orang lain ke timeline akun twitter.
  • Follower (Pengikut) : setiap follower yang memfollow anda akan mengetahui tweet yang kita posting di timeline follower.
  • Following  : tweet di follow akan muncul di timeline.
  • Trending topics : untuk melihat hal apa saja yang menjadi trend.
  • Tag : untuk menandai sesorang dalam sebuah foto yang telah diunggah.


Instagram
Instagram adalah situs jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk mengambil Foto atau Video dan mengolahnya dengan berbagai filter digital kemudian membagikannya kebeberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan tentunya Instagram itu sendiri. Situs Jejaring Sosial yang hanya terdapat di sistem operasi iOS Apple dan Android Google ini telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 seharga US$ 1 Miliar. Fitur yang ada pada instagram diantaranya :
  • SnapGram mengupload moment yang sedang terjadi dan hanya dapat dilihat selama 24jam saja.
  • Mengupload atau mengunggah foto dan video untuk disimpan ke dalam postingan.
  • Komentar dapat memberikan komentar pada postingan sendiri dan oranglain.
  • Melihat orang yang di-tag atau ditandai.
  • Tap foto dua kali untuk Like
  • Preview foto pada search tab di halaman Explore. Akan ada banyak thumbnail foto berjejer di sana (foto populer).
  • Share foto ke Direct Message (pesan langsung).
  • Mendapat notifikasi dari orang yang kita follow atau kita ikuti.
  • Melihat foto-foto yang kita sukai.



LinkedIn
LinkedIn sendiri didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 silam, Situs ini memang belum sebesar Facebook atau sepopuler Twitter. Sebab baru memiliki 161 juta anggota di lebih dari 200 negara. Namun untuk ukuran jejaring sosial profesional, prestasi LinkedIn sejatinya cukup mentereng. Bahkan saat ini, mereka sudah mengakomodir 17 bahasa.
Para eksekutif dari semua perusahaan Fortune 500 ada di dalamnya, dan banyak bahkan menggunakan LinkedIn untuk merekrut karyawan untuk dipekerjakan diperusahaan mereka. Fitur yang ada pada linkedin diantaranya :
  • Profile : tempat anda untuk menuliskan hal-hal yang dapat mempromosikan diri, baik itu asal universitas, kemampuan yang dikuasai, pengalaman yang dimiliki, dan lain-lain. Dari profil ini pulalah Linkedin akan menilai dan memasukkan Anda dalam beberapa kategori agar jika ada informasi yang mendekati minat Anda, Linkedin dapat memberikan rekomendasi.
  • Contacts : fitur yang berhubungan dengan relasi. Dengan fitur ini Anda dapat menjaring banyak teman baru, baik dari teman lama yang sudah terhubung lewat Facebook maupun email, dan juga teman baru yang Anda temui di Linkedin untuk pertama kalinya.
  • Groups : fitur yang membantu Anda terhubung dengan pengguna yang memiliki latar belakang atau ketertarikan yang sama.
  • Jobs : salah satu fitur penting di Linkedin yang sangat membantu Anda yang ingin mencari lowongan pekerjaan. Cukup ketikkan jenis pekerjaan apa yang Anda inginkan dan Linkedin akan menampilkan beberapa jobs yang sesuai.
  • Inbox : perlu diketahui bahwa Linkedin memiliki sistem email sendiri. Disini sesama pengguna dapat bertukar pesan lewat email tersebut. Dan jika ada teman baru yang meng-invite Anda untuk berteman dengannya juga akan secara otomatis masuk ke fitur ini di menu invitations.
  • News : fitur yang menyediakan informasi terhangat seputar Linkedin kepada penggunanya. Selain itu fitur ini juga menyediakan informasi seputar dunia pekerjaan yang Anda minati
  •  



Google+
            Google + atau Google Plus merupakan produk dari perusahaan Raksasa Internet Google Inc yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang memiliki perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil menarik 343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang kuat dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan juga posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine). Fitur yang ada pada Google+ diantaranya:
  • Circles : memungkinkan user mengorganisir contact ke dalam group untuk disharing ke layangan dan produk google lainnya. Walau user lain bisa melihat daftar orang yang ada di dalam koleksi circle seorang user, mereka tidak bisa melihat nama-nama circle tadi. Setting Privacy juga memungkinkan user menyembunyikan user di circlenya dan juga siapa pemilik circle ini. Pengorganisasia circle dilakukan melalui interface drag-and-drop. Sistem ini menggantikan fungsi friend list yang dipakai facebook.
  • Hangouts : tempat untuk memfasilitasi group video chat [maksimak 10 orang dalam satu hangout dalam satu hangout pada sekali sesi]. Akan tetapi, siapapun di web bisa bergabung hangout jika mereka mempunyai URL hangout unik.
  • Huddle : fitur yang tersedia di Android, iPhone dan SMS device untuk komunikasi melalui instant messaging dalam circle.
  • Instant Upload : khusus buat Android mobile device; ia menyimpan foto atau video di private album untuk disharing di lain waktu.
  • Sparks : merupakan front-end dari google search, memungkinkan user mengidentifikasi topik-topik yang mungkin menarik user untuk disharing dengan pengguna lain.
  • Stream : user melihat update stream  pada circle mereka, updatenya sama dengan facebook news feed. Kotak input memungkinkan user memasukkan status update atau menggunakan ikon untuk mengupload dan menshare foto dan video. Stream bisa ditapis agar menampilkan hanya posting dari circles tertentu.
  • +1 : tombol ini memungkinkan user merekomendasikan item.


2.      Jelaskan masing2 komunitas apa saja yg terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktifitas yg dilakukan melalui sosmed tersebut!
Berdasarkan dari fitur-fitur yang tersedia pada social media tersebut dapat disimpulkan bahwa akan ada banyak komunitas-komunitas yang memanfaatkan sebuah social media untuk merekrut anggota dalam komunitasnya. Seperti pada facebook dan twitter ada komunitas untuk para pengidap penyakit kanker, komunitas pecinta mobil dan motor antik, serta komunitas para pencinta alam. Pada instagram banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berbisnis online. Pada Google+ dan LinkedIn sedikit agak berbeda karena social media ini rata-rata dimanfaatkan untuk sebuah urusan yang lebih formal, seperti komunitas para eksekutif kantoran.

3.      Jelaskan dampak positif dan negatif yang terjadi!
           Dampak Positif :
  • Untuk menghimpun keluarga, saudara, kerabat yang tersebar, dengan jejaring sosial ini sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga atau kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu, kemudian lewat dunia maya hal itu bisa dilakukan.
  • Sebagai media penyebaran informasi. Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.
  • Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia.
  • Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati.
  •  Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna daapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
  •  Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
  • Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  • Sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Dampak negatif :
  • ·       Susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Ini disebabkan karena pengguna sosial media menjadi malas belajar berkomunikasi secara  nyata. Hal ini memang benar sekali, karena saya mempunyai teman yang sangat aktif di sosial media, dia selalu memposting apa saja yang sedang dia kerjakan, namun keadaan yang berbeda 180 derajat jika bertemu secara nyata. Orang yang aktif di soaial media, jika bertemu langsung nyatanya adalah orang yang pendiam dan tidak banyak bergaul.
  •      Situs sosial media akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Pernahkah kalian jalan-jalan atau bepergian dengan seseorang, tetapi orang yang kalian ajak jalan malah asik dengan ponsel dan sosial medianya sendiri?
  •      Mengurangi kinerja. Karyawan perusahaan, pelajar, mahasiswa yang bermain media sosial pada saat sedang mengerjakan pekerjaannya akan mengurangi waktu kerja dan waktu belajar mereka.
  •     Kejahatan dunia maya. Kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya : carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
  •       Pornografi. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Terkadang seseorang memposting foto yang seharusnya menjadi privasi dia sendiri di sosial media, hal ini sangat berbahaya karena bisa jadi foto yang hanya di postingnya di sosial media disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


4.      Kumpulkan berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan

·         Musim Panas












Kamu akan lebih menjaga smartphonemu daripada tubuhmu


·         Mematikan Pekerjaan Lain








Kamu akan lebih memilih berhadapan dengan smartphone daripada sesuatu yang fantastis.


·         Candu yang harus segera diobati












Dengan terus-terusan menggunakan handphone mu, maka kamu tidak jauh berbeda dengan pecandu narkoba


·         Teknologi menggerogoti matamu













Seringnya memandang smartphone dan social media, membuat matamu akan segera kehilangan cahayanya, lambat laun akan redup.

Referensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Organisasi Arsitektur

Penulisan 6

Tugas SoftSkill pertemuan 2